Tuesday, October 2, 2012

PENGANTAR KOMUNIKASI



PENGANTAR KOMUNIKASI
Istilah “komunikasi” yang dalam bahasa inggrisnya adalah “communication” berasal dari bahasa latin dengan kata lain yang berarti sama makna, bukanlah satu istilah yang baru. Bahkan istilah tersebut seringkali kita dengar, juga seringkali kit abaca dan dapat kita temui dimana-mana. Baik dari tingkat pendidikan tertinggi sampai dengan seorang guru Taman Kanak-Kanak yang sedang mendeskripsikan perkembangan komunikasi anak didiknya, juga dari level pejabat tinggi Negara sampai mereka-mereka yang tidak mengenyam dunia pendidikan sekalipun. Sedemikian dasyatnya “komunikasi” itu dalam kehidupan manusia. Apakah komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia…??? Karena tanpa komunikasiinteraksi antar manusia  tidak mungkin dapat terjadi, sehingga dalam komunikasi ada aksi dan reaksi



Apa sih komunikasi…???

1.    Komunikasi mengacu kepada tindakan oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik (Devito, 1997).

2.    Komunikasi adalah pertukaran pesan. Pada saat kita berkomunikasi, kita menghasilkan, mengalihkan dan menerima pesan-pesan.

3.    Komunikasi adalah seni mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan.
Jadi, kalau dua orang terlibat dalam komunikasi, missal dalam bentuk percakapan, maka komunikasi akan terjadi atau berlangsung selama ada kesamaan makna mengenai apa yang dipercakapan.
Tindakan komunikasi ada dua :
1.    Komunikasi secara langsung, dengan tatap muka, berbicara melalui telepon/hp, pengiriman melalui surat seperti email/faks/sms/bbm
2.    Komunikasi secara tidak langsung. Perantaraan media, seperti : surat kabar, majalah, radio, tv.

KLASIFIKASI KOMUNIKASI
Proses komunikasi bisa terjadi dalam diri seorang individu, dengan orang lain, dan kumpulan-kumpulan manusia dalam proses social. Berdasarkan pendapat tersebut, Burgon & Huffner (2002) membuat klasifikasi 3 jenis komunikasi yaitu :
1.    Komunikasi Intrapersonal, yaitu proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu (internal). Contoh adalah kegiatan mernung, berpikir, berdialog dengan diri sendiri, baik dalam keadaan sadar maupun tidak.
2.    Komunikasi Interpersonal yaitu proses komunikasi yang terjadi antara satu individu dan individu lain sehingga memerlukan tanggapan (feedback) dari orang lain. Contoh : perbincangan dengan keluarga, pasangan, teman, rekan kerja, tetangga, dsb.
3.    komunikasi Massa, yaitu proses komunikasi yang dilakukan kepada sekumpulan manusia dimana di dalamnya terdapat proses social, baik melalui media massa atau langsung, dan bersifat satu arah (one way communication). Contoh : kegiatan komunikasi (penyebaran informasi) yang terjadi di hadapan sekumpulan massa, melalui televise, radio, media internet, media cetak, dll.

FUNGSI KOMUNIKASI
Fungsi komunikasi adalah :
*   Memahami diri sendiri dan orang lain
*      Memapankan hubungan yang bermakna
*      Merubah sikap perilaku menjadi lebih positif


Dengan ini kita akan dapat mengetahui mengenai konsep diri kita. Dan yang mempengaruhi konsep diri itu sendiri adalah orang lain dan kelompok acuan (reference groups).

Ini semua membuktikan betapa komunikasi dengan pihak lain merupakan syarat utama yang dapat menunjang keberhasilan kita di masa depan.

No comments:

Post a Comment