Saturday, October 6, 2012

KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Komunikasi Intrapersonal
l.Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, seringkali kita berkomunikasi pada diri kita sendiri menggunakan bahasa dengan apa yang ada dalam pikiran dan perasaan tanpa mentransfer (transmisi) kepada orang lain. Kita akan berbicara kepada diri kita sendiri,berdialog dengan kita sendiri, bertanya dengan diri kita sendiri, dan akan dijawab pula oleh diri kita sendiri. Jadi bisa disimpulkan, kita menjadi pengirim pesan (komunikator) sekaligus sebagai penerima pesan (komunikan). Nah proses inilah yang disebut dengan Komunikasi Intrapersona



Kita sebenarnya seringkali melakukan komunikasi intrapersonal tanpa kita sadari. Kapankah itu terjadi...??? Pada saat kita sedang melamun misalnya, kita sebenarnya sudah melakukan komunikasi intrapersonal tersebut. Kok melamun sih ??? Ya, karena pada saat kita sedang melamun misalnya andai kita mempunyai uang yang banyak sampai tidak berseri...dalam lamunan kita itu kita akan berbicara pada diri kita sendiri, "Andai aku punya uang banyak ya...wahhh, aku pasti bisa keliling dunia kapanpun aku mau tanpa harus menabung dulu." 

Berkhayal


Pada saat itu kita berbicara sendiri kan...??? Atau pada saat mengendarai motor sendiri. Saat itu kita akan berbicara sendiri mengomentari sekitar, misal pengendara lain yang ngawur atau kita sedang bertanya sendiri yang jawabannya akan kita jawab sendiri pula. Iya kan...??? Misalnya : "Uppss...di depan ada perempatan tuh, belok atau terus yaaa...kalo terus macet gak ya...hhhmmm,,,belok aja ah lewat jalan kampung yang penting lancar." Tuh..bener kan, nanya sendiri...eh di jawab sendiri juga. 
Atau proses komunikasi intrapersonal ini juga terjadi saat kita sedang berdoa kepada Allah SWT, saat kita sedang memanjatkan syukur atas apa yang telah kita dapatkan dan memanjatkan segudang permintaan kita.


Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi intrapersonal melibatkan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirim pesan,  sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan. Komunikasi intrapersonal pun ternyata seperti menjadi pemicu bentuk komunikasi lainnya.


Proses Internal



PROSES KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Komunikasi intrapersonal mempunyai 4 tahap pemrosesan, yaitu : sensasi, persepsi, memori dan berpikir.

1. Sensasi, yaitu kemampuan manusia untuk menyerap segala hal yang di informasikan oleh panca indera/proses menangkap stimuli. Umumnya kita mengenal lima alat indera. Sementara dalam ilmu psikologi disebutkan ada 9 (bahkan ada yang menyebut 11) alat indera : penglihatan, pendengaran, kinestetis, vestibular, perabaan, temperatur, rasa sakit, perasa dan penciuman. Adanya perbedaan sensasi dapat disebabkan oleh perbedaan pengalaman atau lingkungan budaya, disamping oleh kapasitas alat indera yang berbeda. Nah perbedaan alat-alat indera tersebutlah yang menyebabkan timbulnya berbagari perbedaan-perbedaan dalam hidup dan aktifitas kita sehari-hari. Misalnya seperti perbedaan dalam pasangan hidup idaman, selera musik, gaya fashion, dan lain-lain. Yang pasti, sensasi mempengaruhi persepsi.

2. Persepsi, yaitu pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan, yag di peroleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

3. Memori, yaitu penyampaian informasi yang di hasilkan dan pemanggilan kembali (recalling). Dalam melakukan fungsinya memori melakukan 3 hal :

   
Fungsi Memori


 4. Berpikir, yaitu mengingat kembali hal-hal yang telah tersimpan.

Keempat proses komunikasi intrapersonal di atas bila dilihat dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat sedang mengendarai motor, melalui sensori dari alat indera yang kita terima lalu kita persepsikan dan dengan memori yang kita miliki kita melakukan proses berpikir/problem solving, sehingga menghasilkan keputusan bahwa perempatan yang ada di depan akan belok ke kiri saja karena kondisi jalannya yang sepi dan pastinya tidak macet. Demikianlah proses komunikasi intrapersonal itu terjadi.


So...

"Talk Your Self Nicely"


3 comments:

  1. Wow....tulisannya enak banget bacanya Bu Erna, ijin saya posting ke facebook ya...salam SOBAT !

    ReplyDelete
  2. Terima kasih... Ini mudah dipahami

    ReplyDelete