Saturday, October 13, 2012

KOMUNIKASI INTERPERSONAL




Komunikasi Interpersonal
Setiap kali kita membuka mata di pagi hari, mengambil air wudhu lalu sholat shubuh dan memanjatkan doa kepada Alloh SWT, disana sudah terjadi suatu proses komunikasi yang namanya Intrapersonal. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan aktifitas pagi seperti menyiapkan sarapan atau berbincang hangat dengan suami/istri ditemani secangkir kopi/teh beserta cemilan, kita sebenarnya saat itu sudah melakukan satu bentuk komunikasi yaitu Komunikasi Interpersonal. Kegiatan pagi hari berlanjut dengan aktifitas rutin di kantor. Di kantor kita akan semakin banyak bertemu dan berbincang-bincang dengan teman-teman kerja atau pimpinan. Lagi-lagi disana tercipta satu bentuk komunikasi yaitu komunikasi Interpersonal. Sore harinya, saat kita kembali lagi ke rumah dan bertemu dengan keluarga tercinta, komunikasi Interpersonal itupun masih berlanjut sampai dengan waktu tidur tiba. Jadi, apa sih yang di maksud dengan Komunikasi Interpersonal itu...??? Dan sedemikian pentingnya kah dalam aktifitas kita sehari-hari...??? Pertanyaan-pertanyaan ini, akan di kupas satu persatu-satu dalama pembahasan di bawah.

Komunikasi Interpersonal adalah adanya komunikasi secara langsung atau face-to-face communication maupun melalui media. Bila ada cara berkomunikasi dengan menggunakan media maka terdapat kelompok maya, misalnya melalui internet (chatting, face book, email, dll). Komunikasi kelompok ini semakin berkembang pesat dewasa ini karena adanya perkembangan teknologi media komunikasi.

Chatting



Komunikasi adalah suatu kebutuhan  yang sangat fundamental bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat. Menurut Profesor Wilbur Schramm disebutkan bahwa komunikasi dan masyarakat adalah dua kata kembar yang tidak dapat di pisahkan satu sama lainnya. Sebab, tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat akan terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat maka komunikasi tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi. Dengan berkomunikasi kepada orang lain, kita ternyata dapat memenuhi kebutuhan emosional dan intelektual kita. Kebutuhan emosional dan intelektual kita itu ternyata di peroleh pertama kali berasal dari keluarga, lalu dari orang-orang dekat seperti kerabat dan kawan-kawan, baru masyarakat umum termasuk di dalamnya adalah sekolah dan media massa seperti surat kabar dan televisi. Dan untuk mempertahankan kelangsungan hidup serta kebutuhannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, manusia melakukan komunikasi. Itulah sebabnya manusia berkomunikasi dan terjawab juga seberapa pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.



FUNGSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL


Fungsi dari komunikasi interpersonal adalah :
1. Untuk mendapatkan respon umpan balik. Bisa kita bayangkan bila kita berkomunikasi dengan orang lain namun tidak mendapat responnya alias di cuekin. Atau coba bayangkan bila kita menulis pesan via bb dan pesan itu sudah di read namun tidak mendapatkan balasan ?
2. Untuk mengevaluasi respon/umpan balik dari lawan bicara kita. Seringkali saat kita bicara, respon yang ditunjukkan lawan bicara seperti gelisah atau tengak-tengok yang memberi isyarat bahwa lawan bicara kita merasa jenuh dengan topik yang kita bicarakan atau mungkin lawan bicara kita itu sedang tidak mau di ganggu. Respon-respon seperti ini merupakan sign atau tanda buat kita untuk menyudahi pembicaraan.
Sales
3. Untuk melakukan kontrol terhadap lingkungan sosial. Dimana disini kita dapat memodifikasi perilaku orang lain dengan cara-cara yang persuasi. Misalnya bila kita di hubungi oleh pihak bank atau asuransi, pasti hal tersebut membuat kita tidak nyaman kan. Nah, kita dapat mengontrolnya atau menyudahinya dengan cara-cara yang tepat, seperti "maaf saya sedang meeting, tolong hubungi lagi nanti" atau "maaf saat ini saya tidak tertarik dengan produk yang anda tawarkan", dan lain-lain.





 PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL


1. Sensasi, adalah tahap yang paling awal. Apapun definisi dari sensasi, fungsinya dalam menerima informasi sangatlah penting. Melalui alat inderalah manusia memperoleh pengetahuan dan semua kemampuan untuk berinteraksi dengan dunia.

2. Persepsi, yaitu proses memberikan makna terhadap informasi yang ditangkap oleh sensasi. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari misalnya ada pada point kedua dari fungsi komunikasi interpersonal, yaitu untuk mengetahui respon lawan bicara kita.

3. Memori, yaitu proses penyimpanan informasi dan evaluasinya dalam kognitif individu.

4, Berpikir, yaitu proses mengolah dan memanipulasi informasi untuk memenuhi kebutuhan atau untuk menyelesaikan masalah. Misalnya : saat kita merasa tidak nyaman atau tidak suka dengan cara bicara teman kita yang terlalu ceplas-ceplos, maka kita bisa mencari solusinya agar hal tersebut tidak terulang lagi dan bisa menjadi satu masukan yang positif juga untuk teman kita tersebut.

Seringkali dalam komunikasi interpersonal terjadi konflik atau kesalahpahaman. Baik terjadi dengan pasangan kita, dengan teman/rekan kerja di kantor, dengan anak di rumah, dan lain-lain.Itu terjadi kadang tanpa kita sadari. Dan semua keluar begitu saja dari mulut kita. Hingga mengakibatkan hal yang seringkali tidak kita inginkan. Dan itu adalah salah satu akibat negatif yang di timbulkan dari komunikasi interpersonal. Jadi alangkah bijaknya bila kita menjaga lisan kita. 


Mulutmu Harimaumu
Namun tidak berarti juga "Lebih baik diam seribu bahasa"...orang lain tidak akan tahu bagaimana perasaan kita, apa pendapat kita, seperti apa pemikiran, sejauh mana kemampuan kita bila tidak kita ungkapkan atau kita utarakan. Karena sedemikan pentingya komunikasi interpersonal ini dalam kehidupan sehari-hari. Bahka seorang bayi yang lahirpun sudah menunjukkan kemampuannya berkomunikasi. Jadi jangan juga takut berkata salah, hanya perlu pikirkan sebelum anda katakan saja. Jadi, hati-hatilah dalam setiap ucapan yang ingin anda sampaikan...karena apa yang anda katakan, itu menunjukkan diri anda sendiri...!!!


Kesempurnaan Hanya Milik Allah SWT




3 comments: