Tuesday, October 16, 2012

KOMINUKASI INTRAPERSONAL, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPRIBADIAN




Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain dilingkungannya. Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan  orang lain dilingkungannya adalah komunikasi baik secara verbal maupun  non verbal (bahasa tubuh dan isyarat yang banyak dimengerti oleh suku bangsa).

Beberapa definisi komunikasi adalah:
1.        Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh  pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi  (Astrid).
2.        Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
3.        Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
4.        Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W) 
 


TUJUAN KOMUNIKASI

Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
1.     Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2.     Mempengaruhi perilaku seseorang
3.     Mengungkapkan perasaan
4.     Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
5.     Berhubungan dengan orang lain
6.     Menyelesaian sebuah masalah
7.     Mencapai sebuah tujuan
8.     Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
9.     Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain



 PROSES KOMUNIKASI




JENIS KOMUNIKASI

Kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide, pikiran dan perasaan berfungsi sebagai dasar untuk semua interaksi manusia yang sukses.
Komunikasi intrapersonal mengacu pada percakapan yang terus-menerus terjadi di pikiran Anda sendiri.
Komunikasi Interpersonal mengacu pada berbagai jenis tindakan verbal, non-verbal dan fisik atau ungkapan yang digunakan orang ketika mereka berkomunikasi dengan satu sama lain.
                

1.            Komunikasi Intrapersonal



Komunikasi intrapersonal adalah dialog internal yang terjadi secara terus menerus dalam pikiran setiap orang. Jenis komunikasi intrapersonal meliputi mimpi, melamun, membaca, berpikir, berbicara kepada diri sendiri, analisis, doa, meditasi, menulis, membuat gerakan khusus saat berpikir, termasuk komunikasi pemikiran dan bahkan antar bagian tubuh. Misalnya, ketika mendekati makan siang, perut Anda mungkin berkomunikasi melalui rasa lapar atau “keroncongan”.
Tiga aspek komunikasi intrapersonal adalah:
1.        Konsep Diri
Konsep diri adalah dasar untuk komunikasi intrapersonal, karena akan menentukan seberapa besar seseorang melihat dia / dirinya dan berorientasi terhadap orang lain. Konsep diri (juga disebut self-awareness) melibatkan 3 faktor yaitu keyakinan, nilai-nilai dan perilaku.
2.        Persepsi
Persepsi adalah tampak luar dari diri seseorang. Persepsi juga berakar pada keyakinan, nilai-nilai dan sikap. Hal ini sangat erat berhubungan dengan konsep diri dengan menciptakan pemahaman yang harmonis dari diri sendiri dan dunia orang tersebut.
3.        Harapan
Sementara itu, harapan adalah masa depan yang berorientasi pada pesan yang berperan dalam jangka panjang pada diri seseorang. Ada yang menyebutnya dengan naskah kehidupan. Hal ini adalah proyeksi hubungan yang dipelajari dalam keluarga atau masyarakat.



Komunikasi intrapersonal melibatkan berbagai tingkat aktivitas komunikasi: wacana komunikasi internal, komunikasi solo vokal, dan komunikasi solo tertulis.

Wacana Komunikasi Internal melibatkan pemikiran, konsentrasi dan analisis. Psikolog mengatakan termasuk didalamnya melamun dan mimpi malam hari. Doa, kontemplasi dan meditasi juga merupakan bagian dari kategori ini,Meskipun dari sudut pandang teologis terdapat argumen bahwa ini bukan semata-mata internal untuk satu orang. Dalam tradisi Sufi, ini mirip dengan konsep nafs, negosiasi dengan batin. Contoh: Sadar menghargai keindahan matahari terbenam.

Komunikasi Solo Vokal termasuk berbicara lantang untuk diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan untuk memperjelas apa yang ada dalam pikirannya, berlatih menyampaikan pesan kepada orang lain, atau hanya untuk melepaskan penat. Contoh: Berbicara kepada diri sendiri ketika Anda mengeluh tentang atasan Anda.

Komunikasi Solo Tertulis yaitu dengan menulis sesuatu yang tidak dimaksudkan untuk orang lain. Contoh: Sebuah tulisan dalam diary atau jurnal pribadi.




2.            Komunikasi Interpersonal



Komunikasi interpersonal melibatkan semua pikiran yang berbeda dari cara berkomunikasi individu, ide-ide, perasaan, dan keinginan kepada orang lain atau sekelompok orang. Komunikasi interpersonal adalah cara untuk mengirim pesan ke manusia lain melalui gerak tubuh, kata-kata, postur dan ekspresi wajah. Mayoritas komunikasi interpersonal menggunakan pesan non-verbal dengan sentuhan misalnya, kontak mata, nuansa vokal, kedekatan, gerak tubuh, postur, gaya berpakaian dan ekspresi wajah. Mengingat bahwa orang bisa menafsirkan isyarat non-verbal berbeda-beda, walau terlihat sederhana, komunikasi dengan orang lain terkadang sulit untuk dilakukan. Komunikasi interpersonal melibatkan paling tidak dua gaya yang berbeda.

Ada 2 jenis Komunikasi Interpersonal:

1.        Komunikasi Interpersonal Langsung
Komunikasi ini melibatkan hubungan tatap muka langsung antara pengirim dan penerima pesan yang berada dalam hubungan ketergantungan. Karena kedekatan komunikasi interpersonal dan keutamaan itu ditandai oleh komponen umpan balik yang kuat. Komunikasi ditingkatkan ketika hubungan tersebut terjadi untuk jangka waktu yang lama. Komunikasi interpersonal melibatkan tidak hanya kata-kata yang digunakan tetapi juga berbagai elemen komunikasi non-verbal. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, membantu dan menemukan, serta untuk berbagi dan bermain bersama.

Komunikasi interpersonal dapat dikategorikan dari jumlah peserta dalam komunikasi tersebut. Diantaranya adalah:

Komunikasi Dyadic melibatkan dua orang. Contoh: Dua teman bicara.

 
Komunikasi Kelompok melibatkan tiga orang atau lebih. Seringkali kelompok komunikasi yang dilakukan untuk tujuan mencari pemecahan masalah atau pengambilan keputusan. Contoh: kelompok belajar mahasiswa.


Komunikasi Publik melibatkan kelompok besar dengan gaya satu arah seperti sebuah monolog yang hanya menghasilkan umpan balik minimal. Berbagi informasi, hiburan dan persuasi umum adalah tujuan komunikasi publik. Contoh: Ceramah di kelas universitas.


Komunikasi Penawaran Organisasi yaitu komunikasi dalam organisasi besar seperti bisnis. Hal ini kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari komunikasi kelompok, Contoh: pada suatu perusahaan-pembahasan difokuskan antara atasan dan karyawan.


Komunikasi Keluarga berfokus pada pola komunikasi dalam keluarga kecil bahkan keluarga besar. Seperti halnya komunikasi organisasi, komunikasi ini juga terkadang dianggap sebagai bagian dari
kategori umum dari komunikasi kelompok, Komunikasi keluarga dapat ditingkatkan untuk jangka waktu yang lama serta kedekatan hubungan antar peserta serta kemungkinan bahwa keluarga
memiliki warisan bersama, nilai-nilai yang sama, dan ritual sosial. Polanya berbeda dalam komunikasi antar pasangan, antar orang tua dan anak, antar saudara kandung, dan dalam konteks keluarga yang lebih luas.
Contoh: Percakapan selama liburan makan.



2.     Komunikasi Interpersonal Mediasi

Komunikasi Interpersonal Mediasi melibatkan teknologi yang membantu hubungan pengirim dan
penerima pesan.
Komunikasi Dyadic disini menggunakan hubungan dua orang dengan mediasi konteks bukanlah face-to-face. Contoh: Dua rekan bisnis menggunakan telepon atau e-mail.
Kelompok Komunikasi yang menghubungkan sekelompok kecil orang. Contoh: Teleconference dalam jarak-kelas belajar.

Komunikasi ini menawarkan keuntungan yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi melalui jarak atau membutuhkan rentang waktu tertentu yang tidak akan mungkin dilakukan dalam komunikasi langsung. Contohnya adalah: penggunaan E-mail dan ponsel,  Teknologi komputer memungkinkan orang untuk melakukan pekerjaan mereka tanpa hadir secara fisik, yang memungkinkan mereka untuk bekerja dari rumah mereka atau dari tempat dimanapun seluruh dunia.
Seperti komunikasi langsung, komunikasi ini bisa formal atau informal, pribadi atau publik.
Umpan balik dapat segera atau ditunda. Mesin bahkan dapat membantu dalam komunikasi melalui bahasa yang berbeda yang mungkin menjadi hambatana dalam komunikasi langsung.



Konsep yang terkait dalam Komunikasi Interpersonal yaitu:

Percakapan: yaitu pembicaraan informal dan sehari-hari. Ada 5 proses yang terjadi dalam percakapan yaitu pembukaan, pendekatan, substansi, umpan balik, dan penutupan. Karena percakapan adalah proses dua arah, melibatkan berbagai kontrol, yang berhubungan dengan percakapan yang bergantian (perubahan peran pembicara dan pendengar).
 

Tindak Tutur: Sebuah ucapan yang disengaja dibuat untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan. Beberapa contohnya adalah: janji yang dibuat oleh orang tua pada anaknya dan wawancara yang dilakukan oleh seorang calon pemimpin dengan harapan dapat membujuk pemilih.
 

Komunikasi Kompetensi: Kemampuan untuk berkomunikasi dalam cara yang dapat diterima secara sosial. Contohnya adalah persepsi penonton pada seorang pembicara yang menyampaikan sebuah  presentasi.
 

Pengungkapan Diri: Proses penyampaian hal yang hebat pada diri seseorang dengan pesan bahwa orang lain tidak akan mungkin sudah tahu. Pengungkapan diri merupakan taktik komunikasi individu yang mengundang timbal balik.
 

Perbedaan Gender: Penelitian menemukan bahwa ada banyak perbedaan dalam cara laki-laki dan perempuan berkomunikasi.  Beberapa perbedaan besar adalah bahwa laki-laki menyampaikan informasi secara logis atau melakukannya dengan sebuah tindakan sedangkan perempuan seringnya menyampaikan informasi untuk meningkatkan sebuah hubungan dan berbagi pengalaman. Hasil observasi para psikolog menyatakan bahwa laki-laki dan perempuan yang seimbang sisi maskulin dan femininnya dalam berkomunikasi akan lebih sukses dalam berkomunikasi.

Metakomunikasi: adalah komunikasi yang dilakukan berdasarkan tindakan atau proses berkomunikasi tanpa berfokus pada isi komunikasi. Misalnya, pasangan yang berpendapat tentang bagaimana untuk menghabiskan uang mereka.



Komunikasi Intrapersonal, Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dengan Kepribadian

"Whether you think you can or you think you can't, you are right" - Henry Ford

Melihat semua definisi dan informasi tentang bagaimana terbentuknya komunikasi intrapersonal dan interpersonal, dapat disimpulkan bahwa jika hal itu seimbang pada diri seseorang maka akan menghasilkan keharmonisan dalam seseorang berkomunikasi. Jika ada keharmonisan tentunya seseorang tersebut adalah orang yang dapat bercermin pada diri sendiri, rendah hati, bijaksana dalam mengambil keputusan untuk dirinya dan untuk kelompok.




Sumber:

No comments:

Post a Comment